img

Brimob Jabar Bersama Gurka Community Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

M Maulana S 13-07-2020

KABUPATEN SUMEDANG - Brimob Polda Jabar Subden 4 Detasemen Gegana bersama Gurka Community (Komunitas Driver Online Bandung), Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD dan Komunitas Pemuda Peduli Desa Sukawangi terus memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Salah satunya gotong royong melakukan bedah rumah milik Latief (60) buruh tani warga Kampung Nangkod RT.02/RW.07, Desa Sukawangi, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Kamis (9/7/2020).

Turut hadir dalam kegiatan bedah rumah ini Danden Gegana Yogas Praska Kapteina, S.IK, Iptu Wawan Huis dan anggota Brimob Subden 4 Detasemen Gegana, Abah Rukmana, anggota Gurka Community, Serka Ateng Heryana, Bripka Robi Roni, Eri Somantri, Aipda Rohandi, Sekjen Rukun Wargi Sumedang (RWS)/Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) Rd. Penanjung (Kang Widi), Ketua Paguyuban Asep Dunia (PAD) DPW Priangan Barat Asep Ruslan, Ketua PAD DPD Sumedang Bripka Asep Juhana, Ketua DP XXXI MPKA RIMBAWAN Andri Arta dan Mahasiswa Fahutan Universitas Winayamukti (UNWIM).

Sinergitas Brimob Polda Jabar bersama Mahasiswa Fahutan UNWIM (Foto: Asep Ruslan)

Rumah milik Latif ini secara gotong royong direnovasi menjadi rumah semi permanen layak huni dengan donasi dari anggota Gurka Communy dan dana Desa Sukawangi.

“Gurka itu kepanjangan dari Gurudug Kaditu Gurudug Kadieu, ditungtungan ku ngabelaan keur indung budak, adalah Komunitas Driver Binaan Brimob Polda Jabar Subden 4 Detasemen Gegana yang berpusat di Bandung,” kata Penasihat Gurka Community, Abah Rukmana, saat berbincang dengan Sinarpaginews di lokasi bedah rumah di Kampung Nangkod, Kamis (9/9/2020).

 

Briptu Deni, Aipda Rohendi, Latief, Abah Rukmana dan Asep Ruslan (Foto: Asep Ruslan)

“Kami melakukan bedah rumah ini bekerjasama dengan Brimob Polda Jabar Subden 4 Detasemen Gegana dan Komunitas Pemuda Peduli Desa Sukawangi setelah sebelumnya melakukan kegiatan Baksos berupa pembagian sembako,” tuturnya.

“Semoga amal bhakti kami ini bermanfaat bagi masyarakat dan apabila ada para dermawan atau donatur yang ingin turut berpartisipasi dalam setiap aksi kemanusiaan ini. Insya Allah Gurka Community siap dan amanah,” pungkas Sesepuh Gurka.

 

Penyerahan bantuan oleh Brimob Polda Jabar (Foto: Asep Ruslan)

Danden Gegana Yogas Praska Kapteina, S.IK didampingi Danki Subden 4 Detasemen Gegana Iptu Wawan Huis mengatakan.

”Untuk menyambung kebutuhan hidupnya Pak Latief hanya bergantung dari upah sebagai buruh tani, terkadang dapat bantuan dari sanak keluarga dan tetangga maupun warga sekitar. Sehingga untuk membangun rumah dia tak mampu apalagi usianya sudah tak lagi muda, fisiknya pun mulai lemah,” ungkap Danden Gegana Brimob Polda Jabar.

 

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K (Foto: Asep Ruslan)

Ditempat terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K. mengatakan.

“Kami bersama pemerintah desa Sukawangi, masyarakat sekitar dan binaan kami Komunitas Driver Online Bandung yang tergabung dalam Gurka Community, gotong royong membangun rumah milik Pak Latief di Kampung Nangkod adalah wujud kepedulian sosial terhadap warga yang tidak mampu. Dengan gotong royong Brimob turut membantu kesulitan warga desa binaan agar terjalin kebersamaan bersama masyarakat, maka POLRI akan semakin dekat dengan masyarakat,” kata Kombes Pol. Asep Saepudin.

Menurutnya, kegiatan bedah rumah ini wujud Bhakti Brimob Polda Jabar di wilayah Kabupaten Sumedang.

Juga mengingatkan anggotanya agar selalu waspada terhadap gangguan keamanan.

“Brimob harus selalu waspada terhadap gangguan keamanan. Dengan bedah rumah ini, Polisi selalu hadir memberikan manfaat kepada masyarakat. Warga akan lebih mudah untuk kita ajak menjaga Kamtibmas di lingkungannya dan kita akan lebih mudah mendapatkan akses informasi untuk ditindak lanjuti,” pungkasnya.

 

Rumah Pak Latief di Kampung Nangkod (Foto: Asep Ruslan)

Pak Latief sangat terharu dan mengucapkan terima kasih kepada Brimob Polda Jabar dan Gurka Community atas bantuan bedah rumah ini.

"Bantuan ini sangat berarti bagi saya dan keluarga, terima kasih kepada Brimob Polda Jabar dan Komunitas Driver Online Bandung yang tergabung dalam Gurka Community yang sudah iklas membantu. Semoga Allah SWT akan membalas segala kebaikan ini," ucapnya lirih sambil menangis.

 

Andri Arta, Asep Ruslan dan Rd. Penanjung/Kang Widi (Foto: Asep Ruslan)

Ketua BPD Desa Sukawangi Eri Somantri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Brimob Polda Jabar dan Gurka Community.

“Atas nama pemerintah Desa Sukawangi, saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Brimob Polda Jabar dan Gurka Community atas terlaksananya kegiatan bedah rumah Pak Latief ini,” ujarnya.

Bripka Asep Juhana, Bripka Robi Roni, Eri Somantri, Abah Rukmana, Asep Ruslan, Serka Ateng Heryana, Iptu Wawan Huis dan Aipda Rohandi (Foto: Asep Ruslan)

Aipda Rohandi anggota Brimob Polda Jabar yang merupakan penduduk asli Desa Sukawangi, Pendiri Komunitas Pemuda Peduli Desa Sukawangi mengucapkan terima kasih kepada Gurka Community dan Komunitas yang lainya dalam aksi bedah rumah hari ini.

“Saya atas nama Ketua Komunitas Pemuda Peduli Desa Sukawangi mengucapkan terima kasih kepada Gurka Community yang sudah 4 tahun memberikan sumbangsihnya, baik bedah rumah maupun pemberian sembako kepada warga masyarakat Desa Sukawangi,” kata Aipda Rohandi.

Sesepuh Abah Rukmana bersama Srikandi Gurka Community (Foto: Asep Ruslan)

“Kami selama ini banyak terbantu oleh Gurka Community, semoga Abah Rukmana dan seluruh anggota Gurka Community selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang berlimpah penuh berkah,” pungkasnya.

Kategori